English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

MACAM MACAM KERUSAKAN MOTOR

1. Akibat Kompresi Mesin Lemah
Mesin sukar hidup / tidak dapat hidup sama sekali

Mesin dapat hidup tapi tidak ada tenaganya

Pemakaian bahan baker menjadi boros

Timbul suara menggelitik pada bagian blok silinder (detonasi)

2. Mesin mendadak mati ketika dikendarai dijalan
Businya mati atau businya kotor

Platina tidak bekerja dengan sempurna atau sama sekali tidak bekerja akibat
dari baut platina longgar

Kabel pengapian lepas/longgar

Bensin tidak turun pada karburator

Jet utama dan jet langsam pada karburator tersumbat

Torak macet didalam lubang silinder akibat overheating

3. Pemakaian bahan bakar boros
Tersumbatnya saringan udara dibagian belakang karburator

Banyaknya karbon pada ruang bakar. Karbon ini terbentuk akibat terbakarnya
oli pelumasyang mengeras berupa arang yang menempel pada puncak torak
dari ruang bakar

Sistem pemakaian yang kurang tepat

Kompresinya rendah

Kerusakan yang terjadi yaitu torak. Cincin torak dan lubang silinder

4. Akselerasi mesein kurang sempurna
Saluran-saluran atau lobang-lubang didalam karburatornya kotor

Businya tidak menyala secara konstan yang disebabkan kotor.
(kerenggangan busi terlalu rapat)

Gas sisa pembakaran tidak dapat keluar secara lancar dari knalpot

Saringan udara yang tersumbat akan mempengaruhi komposisi bensin
dan udara sehingga campuraterlallu kaya

Waktu pegapian yang kurang tepat, terlau cepat menyala atau terlalu
lambat menyala

5. Mesin tenaganya hilang
Bos katup terlalu sempit lubangnya, sehingga katup menjadi tidak lancar
untuk bekerja

Pegas katupnya lemah atau patah, perbaikannya harus ganti yang baru

Waktu pembukaan dan penutupan katup tidak tepat. Hal ini berarti poros
hubungan (noken as)
harus di stel kembali pada posisi top

Terjadi kebocoran kompresi akibat rusaknya paking kepala silinder

Torak, cicncin torak, dan lubang silindernya usang

Tempat kedudukan businya rusak, hal ini berarti harus dibuat alur dudukan
busi yang baru

6. Keluar asap putih dari knalpot
Torak, cincin torak dan lubang silinder aus/rusak

Terlalu banyak mengisi oli pelumas

Tekanan pompa oli terlalu tinggi

Penggunaan mutu oli yang kurang baik

7. Mesin hidupnya tersendat-sendat setelah dipanaskan
Busi yang kadang kala mengeluarkan api kadangkala tidak

Koil pengapiannya rusak

Penyetelan plampung kurang tepat

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates