English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tips membersihkan carburator



Karburator merupakan elemen yang sangat vital bagi kendaraan anda. Jika perawatanny tidak baik, maka besar kemungkinan kendaraan anda akan rewel saat anda kendaraai. Berikut ini adalah tips - tips yang dapat anda pergunakan untuk merawat karburator kendaraan anda.

Caranya:

1. Bersihkan filter udara/penampung debu.
Lepaskan filter udara yang terpasang pada mulut karburator, lepas busa filter lalu bersihkan dengan cairan pembersih, kemudian biarkan kering sendiri. Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi, karena dapat menyebabkan rusaknya pori-pori busa filter tersebut. Jika terbuat dari busa spon akan lebih baik di cuci dengan solar karena solar jauh lebih baik dari bensin apalagi minyak tanah. dan peras secukupnya. Kondisi busa/spon yang agak basah membuat debu akan mudah terikat pada busa/spon.
2.  Bersihkan karburator.
Buka karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk/choke, kran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut tidak gampang dol. Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, biar gampang paka aja cairannya bensin. Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet, dan yang lainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal/karet pelindung, tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat, agar nanti saat pemasangan tidak bingung mencarinya.

Jika sudah terlepas semuanya maka bersihakan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dengan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer, Jangan terlalu banyak mengamplasnya, karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.

Cara yang paling baik sejauh pengalaman saya adalah dengan menggunakan cairan pembersih karburator dalam bentuk sprayer. Harga tidak terlalu mahal namun akan sangat ampuh untuk membersihkan minyak / oli atau kotoran yang tidak terangkat oleh kuas. Jauhkan dari mata atau gunakan kacamata pelindung karena cairan akan menyemprot ke arah yang tidak ditentukan akibat tekanan tinggi yang memantul. Merek yang umum bisa pake preston, stp atau sebangsanya nampi pastikan pembersih karburator.

Hasil yang dicapai akan maksimal sekali karena kotoran yang melekat akan hilang sama sekali dan campuran bensin akibat karburator akan sangat sempurna atau karburator akan seperti baru.

Tips:
  1. gunakan kacamata pelindung
  2. komponen karet di pisahkan jangan itu di semprot karena akan membuat lebih lebar atau rusak jika di semprot oleh pembersih carburator.
3.  Setel tinggi pelampung.
Sebelum dipasang komponen-komponen karburator, jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong/stigmat.
Untuk karburator motor baru biasanya sudah tidak ada stelan karena menggunakan pegas atau per. Pastikan pegas cukup kuat menahan bantalan karet jarum namun biasanya yang cepat aus adalah karet pengganjal / klep pada jarum.
4.  Rakit karburator.
Pasang kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kongdisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam smpai mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor kita.
Setel juga baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan, hal ini dapat menyebabkan oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin. Biasanya 1400 rmp untuk putaran stand by.
Untuk mengencangkan, tidak disarankan terlalu kuat karena akan menyebabkan slek pada ulir atau merusah pemutar baut - / +
Semoga tips tersebut diatas dapat bermanfaat bagi anda. silahkan mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates